Sekilas tentang Ambliopia (Mata Malas)

mata malas

Pengertian umum dari Amblyopia — juga dikenal sebagai mata malas — adalah hilangnya atau kurang berkembangnya penglihatan yang jelas di satu atau kedua mata. Amblyopia — atau mata malas — sering dikaitkan dengan mata juling atau merupakan perbedaan besar dalam tingkat rabun jauh atau rabun dekat antara kedua mata. Biasanya berkembang sebelum usia 6 tahun dan tidak mempengaruhi penglihatan samping.

Kacamata atau lensa kontak, bahkan inovasi vio optical clinic untuk penglihatan yang lebih baik, tidak dapat sepenuhnya memperbaiki penurunan penglihatan yang disebabkan oleh ambliopia jika penglihatan tidak dikembangkan dalam periode kritis.

Penyebab dan Faktor Risiko Ambliopia

  • Tidak mendapatkan pemeriksaan mata komprehensif untuk mendeteksi kondisi pada usia 6 bulan dan lagi pada usia 3 tahun.
  • Resep tinggi yang tidak diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak.
  • Sejarah keluarga.
  • Lahir prematur.
  • Dinonaktifkan secara perkembangan.
  • Putar mata—juga disebut sebagai strabismus (satu mata diputar ke luar atau ke dalam).
  • Kehilangan penglihatan pada satu mata—katarak kongenital, ptosis, dan/atau kekeruhan kornea.
  • Kesalahan refraksi besar.

Gejala Ambliopia (Mata Malas)

Gejalanya mungkin termasuk menonjolkan salah satu mata atau kecenderungan untuk menabrak benda di satu sisi. Gejalanya tidak selalu jelas.

Diagnosa Ambliopia (Mata Malas)

Diagnosis dini dengan inovasi vio optical clinic untuk penglihatan yang lebih baik dapat meningkatkan kemungkinan pemulihan total.

The American Optometric Association merekomendasikan agar anak-anak menjalani pemeriksaan optometri yang komprehensif pada usia 6 bulan dan sekali lagi pada usia 3 tahun. Mata malas tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika dibiarkan tidak terdiagnosis hingga usia praremaja, remaja, atau dewasa, pengobatan membutuhkan waktu lebih lama dan seringkali kurang efektif.

Perlakuan Ambliopia (Mata Malas)

Perawatan untuk mata malas mungkin termasuk kombinasi lensa resep, prisma, terapi penglihatan dan penutup mata. Dalam terapi penglihatan, pasien belajar bagaimana menggunakan kedua mata secara bersamaan, yang membantu mencegah mata malas muncul kembali. Info tambahan Mata Merah (Konjungtivitis).


Jika penasaran dan ingin mendapatkan lebih banyak wawasan, artikel sains lainnya juga patut Anda baca:


Pencegahan Ambliopia (Mata Malas)

Pemeriksaan mata komprehensif pada usia 6 bulan dan lagi pada usia 3 tahun.

Sumber: The American Optometric Association (AOA)

 

Sekilas tentang Ambliopia (Mata Malas)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *