Kenali Aneka Jenis Disinfektan untuk Melawan Kuman

Jenis Disinfektan untuk Melawan Kuman

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan sebagai penanggulangan wabah virus Covid-19. Nah, salah satu cara yang sering dikampanyekan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona adalah dengan memastikan benda-benda di sekitar kita bebas dari virus.

Hal ini dilakukan dengan rutin membersihkan lingkungan atau benda-benda yang sering dipegang menggunakan disinfektan. Jenis disinfektan ternyata cukup beragam dengan kandungan zat aktif yang berbeda-beda. Apa saja jenis disinfektan tersebut? Simak penjelasan berikut!

Ini Dia, Jenis-Jenis Disinfektan untuk Mencegah Penyebaran Kuman

Belakangan ini, disinfektan memang semakin sering digunakan mengingat semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk membersihkan benda-benda agar terbebas dari penyebaran virus corona. Ada beberapa jenis disinfektan yang bisa Anda gunakan. Nah, berikut ini adalah 3 jenis disinfektan yang sering digunakan.

1. Larutan Pemutih

Jenis disinfektan yang paling sering digunakan adalah cairan yang terbuat dari larutan pemutih pakaian. Produk pemutih pakaian bisa dijadikan sebagai disinfektan karena mengandung zat aktif bernama hipoklorit. Untuk membuat disinfektan dari larutan pemutih, Anda bisa mencampurkan 30 mL atau 2 sendok makan pemutih pakaian dengan 1 liter air bersih. Semprotkan cairan tersebut ke barang atau permukaan benda.

2. Larutan Klorin

Selain larutan pemutih pakaian, zat yang mengandung senyawa kimia hipoklorit adalah larutan klorin. Larutan klorin yang digunakan untuk membersihkan APD menggunakan konsentrasi minimal 3%. Sementara itu, untuk membersihkan ruangan dibutuhkan konsentrasi klorin minimal 6%. Larutan klorin bisa diaplikasikan untuk membersihkan barang atau permukaan benda.

3. Karbol atau Lysol

Zat aktif yang terkandung di dalam karbol atau lysol adalah fenol. Diketahui bahwa senyawa kimia ini juga cukup ampuh untuk menghentikan pertumbuhan kuman. Untuk membuat desinfektan dari karbol, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan atau 30 mL karbol dalam 1 liter air. Gunakan dengan cara disemprotkan pada barang atau permukaan benda.

Nah, itu dia beberapa jenis disinfektan yang umum digunakan. Ada beberapa jenis disinfektan lainnya yang ampuh untuk membunuh kuman di benda-benda yang sering Anda sentuh seperti yang digunakan oleh jasa disinfektan Bandung, Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya.

Selain ketiga jenis disinfektan yang telah disebutkan di atas, ada jenis lain, diantaranya adalah disinfektan peroksida, disinfektan diamin, dan pembersih lantai. Pastikan Anda membuat cairan disinfektan dari bahan tersebut dengan cara yang tepat.

 

Aneka Jenis Disinfektan untuk Melawan Kuman

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *