Sekilas Sejarah EF Education First

Sejarah EF Education First

EF (Educationa First) merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang menyelenggarakan kegiatan belajar bahasa Inggris. Lembaga ini memberikan kursus bahasa Inggris mulai tingkat anak-anak (kids) hingga dewasa (adults) seperti EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional. Bagaimana sejarah awal berdirinya EF ini?

Sejarah EF Education First

Awa mula, pada awal tahun 1960an, seorang pria muda asal Swedia bernama Bertil Hult pergi ke Inggris untuk pertama kalinya. Sebagai seorang yang memiliki gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca (disleksia), sekolah selalu menjadi tantangan bagi Bertil. Tetapi Ia terkejut bagaimana Ia belajar bahasa Inggris dengan mudahnya saat berpergian kesana.

Tingkah lalu sosial terus berubah, teknologi semakin maju dan banyak negara mulai mencari peluang di berbagai sudut. Dalam semangat yang tidak jauh beda, Bertil Hult dan beberapa temannya meluncurkan rancangan pembelajaran yang baru dan dinamakan “Language Travel” yang mengubah cara orang-orang belajar.

Bertil mulai yakin bahwa pengajaran tradisional di kelas bukanlah yang paling efektif. Pada tahun 1965, Ia memutuskan untuk memulai perusahaan kecil bernama Europeiska Ferieskolan (EF) yang artinya Sekolah Liburan Eropa, dengan mengkombinasikan pembelajaran bahasa dan berpergian keluar negeri.

Bertil Hult menciptakan konsep belajar bahasa sambil berpergian dengan program Sprakresor, atau Language Travel, salah satu program pembelajaran pertama di dunia yang metodenya di luar kelas di dunia. Program Europeiska Feriskolan pertama kalinya adalah menemani 407 murid SMA dari Swedia pergi ke Inggris dan belajar bahasa Inggris saat liburan musim panas.

Program EF Language Travel menyebar dan meluas dengan pesat di Swedia dan Scandinavia. Selain menawarkan belajar bahasa Inggris di Inggris, EF juga membuka program bahasa Jerman di Jerman dan bahasa Perancis di Perancis.

EF membuka Institut EF di Hastings, Inggris, untuk mengajarkan Inggris Bisnis secara intensif di luar negeri kepada profesional di Swedia. Tidak lama kemudian, Instituf EF juga buka di Amerika Serikat, Perancis, Jerman dan Spanyol. Nama program tersebut diganti menjadi EF Corporate Solutions.

EF juga mengembangkan Educational Tours untuk guru SMA dan muridnya. Grup sekolah dapat menjadikan dunia seakan ruang kelas mereka dengan bimbingan tur dari para professional.

Dua dekade kemudian, EF menawarkan berbagai macam program bahasa, tur edukasi dan pertukaran budaya. Logo EF dirancang ulang untuk menyatukan pelayanan dan unit yang semakin bertambah menjadi satu merk global.

EF menjadi Sekolah Bahasa Resmi untuk Permainan Olimpiade di Seoul pada tahun 1988, melatih sukarelawan dalam bahasa Jerman dan Perancis. Dua dekade setelah itu, EF juga memberikan pelayanannya pada Permainan Olimpiade Beijing 2008.

EF mengadaptasikan konsep Educational Tour (Tur Pendidikan) untuk dewasa di Amerika Utara. Program itu dinamakan ulang menjadi Go Ahead Tours saat konsep tersebut berkembang dengan pesat dan mencakup rancangan perjalanan ke 7 benua, termasuk Amerika Utara.

Pada tahun 1990, Singkatan EF dari “Europeiska Feriskolan” diubah secara resmi menjadi “Education First”, mencerminkan evolusi organisasi menjadi perusahaan pendidikan global. Desainer ternama Paul Rand merancang ulang logo EF.

logo EF

Pada tahun 1995, EF bekerjasama dengan Apple untuk berkolaborasi mengembangkan pembelajaran bahasa yang dibantu komputer. Planet Arizona adalah CD-ROM pembelajaran bahasa inovatif milik EF yang diakui di penghargaan IDF untuk Best Software Product. Unit penelitian pendidikan ini sekarang dikenal sebagai EF Labs.

EF mendirikan kantor cabang atau center pertama kalinya di Jakarta pada tahun 1995. Namun program sebenarnya sudah dimulai pada tahun 1986. Salah satu program bergengsi adalah EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Pada 1997, EF Labs meluncurkan Englishtown.com, sekolah bahasa online yang inovatif yang memiliki jadwal pengajaran rutin dari guru-guru di ruang kelas virtual. Tidak lama kemudian, Englishtown.com menjadi sekolah bahasa terbesar di dunia.

Pada tahun 2003, EF berasosiasi dengan Arthur D. Little School of Management. Selanjutnya berubah nama menjadi Hult International Business School, menghormati komitmen dermawan Bertil Hult untuk mengedukasi para pemimpin bisnis global. Dalam lima tahun, Financial Times menambahkan Hult ke daftar 100 Global MBA bergengsinya.

Mulai tahun 2010, EF dan Universitas Cambridge mengumumkan kolaborasi terkemuka untuk fokus pada penelitian pembelajaran bahasa. Pada tahun 2013, Universitas Peking dan Sekolah Pendidikan Pasca-Sarjana Harvard bergabung dalam Jaringan Penelitian tersebut.

Pada tahun 2011, EF mengeluarkan daftar peringkat dunia berdasarkan kemampuan bahasa Inggris umum yang pertama di dunia, EF English Proficiency Index (EF EPI). Laporan ini digunakan secara luas dalam bidang akademis, bisnis dan media terkenal. Sekarang, EF EPI dipublikasikan setiap tahunnya dan memberikan pemikiran mengenai berbagai aspek ilmu bahasa.

2014 EF meluncurkan Uji Bahasa Inggris Standar EF (EF Standard English Test), uji bahasa Inggris gratis pertama berbasis online.

2016, Hult membentuk aliansi dengan Ashridge Business School yang ternama untuk menciptakan sekolah bisnis yang paling relevan di dunia untuk para pegawai, menggabungkan keahlian Ashridge dalam hal pengembangan dan penelitian organisasi dengan jangkauan dan skala global Hult.

Sekarang, belajar melalui pengalaman menjadi landasan bagi pendidikan modern. Bagi EF, itu sudah menjadi prinsip dibalik setiap program EF selama lebih dari separuh abad. Cara belajar yang mudah dan efektif ini telah membantu kami menjadi salah satu organisasi pendidikan terbesar di dunia. Beberapa alasan mengapa EF Adults merupakan tempat yang tepat silahkan baca di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

sumber: www.ef.co.id/about-us/our-history

 

Sekilas Sejarah EF Education First

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *