Tips Copywriting untuk Landing Page agar Lebih Menjual

landing page

Landing page biasa digunakan untuk menjual produk/jasa, mengumpulkan leads, dan semacamnya. Semakin baik copywriting sebuah landing page maka makin besar pula konversinya. Pengunjung atau pembaca akan makin banyak yang membeli produk/jasa, mendaftarkan email, dsb.

Copywriting untuk Landing Page 

Beberapa tips copywriting landing page berikut ini jika diterapkan akan membuat landing page menjadi semakin efektif.

Fokus Pada Outcome

Apapun yang kamu jual, fokuslah pada outcome atau hasil yang bisa diberikan produkmu. Bahkan meskipun produkmu adalah sebuah tutorial, fokuslah pada outcome.

Misalnya kamu menjual buku cara menulis cerpen. Jangan cuma memberi tahu materi apa saja yang dibahas di buku. Tapi yang lebih penting tunjukkan hasil yang didapat setelah mempraktekkan materinya seperti mudah mengumpulkan puluhan ide cerita setiap hari, bisa menyelesaikan draft cerpen dalam hitungan jam, bisa mengedit dan memoles cerpen dalam waktu singkat.

Fokus Pada Manfaat

Setiap produk atau jasa mempunyai fitur dan fitur ini sepertinya  masih menjadi fokus utama di banyak landing page. Padahal orang tidak peduli dengan fitur, yang mereka pedulikan adalah apa manfaat fitur-fitur tersebut untuk mereka.

Contohnya, ketika orang mencari air fryer yang low watt mereka sebenarnya sedang mencari air fryer yang hemat listrik. Sehingga pengeluaran mereka untuk membayar listrik bisa ditekan.

Ubahlah fitur menjadi manfaat. Bagaimana sebuah fitur bisa menyelesaikan masalah orang? Apa yang diperoleh orang dengan adanya fitur tersebut?

Contoh, kerudung yang terbuat dari bahan yang adem dan menyerap keringat, itu adalah fitur. Manfaatnya adalah nyaman dipakai beraktivitas sehari-hari di cuaca Indonesia yang banyak panasnya.

Berilah Template

Ini terutama untuk produk digital yang mengajarkan sesuatu seperti kursus online, ebook, tutorial. Produk akan menjadi semakin menarik dan berharga bagi orang ketika kamu memberikan juga semacam template.

Contoh kamu menjual ebook tentang email marketing. Katakan di landing page kalau kamu memberikan template email untuk setahun, yang disusun sedemikian rupa untuk menawarkan produk/jasa yang terbukti konversinya tinggi.

Template semacam ini, atau bisa juga blueprint atau panduan/checklist langkah demi langkah sangat penting. Karena akan membantu meredakan kebingungan, ketakutan, dan kekhawatiran orang untuk memulai sesuatu.

Berikan Bonus

Untuk meningkatkan nilai produk/jasamu, jangan hanya menjual produk/jasa. Berikan bonus yang terkait dengan tema produk/jasa yang kamu jual. Semakin banyak bonusnya orang semakin suka, mereka merasa mendapatkan lebih banyak, sehingga harga yang kamu tawarkan serasa jadi lebih murah.

Cantumkan Banyak Testimonial

Tidak mencantumkan testimonial adalah kesalahan besar dari copywriting landing page. Cantumkan testimonial, wajib, dan harus banyak. Jangan cuma 1-5 tapi kalau bisa puluhan.

Testimonial sangat berguna untuk meyakinkan orang agar mau membeli. Bentuknya bisa teks atau video. Apalagi kalau testimonialnya menceritakan bagaimana produk/jasamu bisa memecahkan masalah orang.

Edukasi Pembaca Tentang Masalah Mereka

Produk atau jasamu adalah solusi dari permasalahan orang. Namun ada orang yang:

  • Tahu mereka punya masalah dan tahu apa solusinya.
  • Tahu mereka punya masalah tapi tidak tahu apa solusinya.
  • Tidak tahu kalau mereka punya masalah.

Jadi penting sekali kamu mengedukasi masalah yang dimiliki target pasar di landing page. Orang tidak akan peduli dengan solusi yang kamu tawarkan kalau mereka tidak menyadari bagaimana masalah mereka.

Masih banyak tips terkait copywriting landing page selain dari yang sudah disampaikan di atas. Untuk yang baru mulai disarankan agar menggunakan jasa copywriting landing page karena jika langsung membuat sendiri tentu hasilnya jelek. Penyedia jasa yang direkomendasikan salah satunya adalah Wordsmith Group, yang mempunyai tim copywriter handal berpengalaman menangani klien dari berbagai bidang bisnis.

 

Tips Copywriting untuk Landing Page agar Lebih Menjual

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *