Ukuran Kandang Ternak Kenari yang Ideal dan Nyaman

kenari

Sebagai pecinta burung, tentu kita harus benar-benar mempersiapkan kandang yang bagus. Selain itu kita juga perlu memperhitungkan ukuran kandang ternak kenari yang ideal agar bisa berkembang dengan nyaman. Pasalnya, ukuran yang tidak ideal juga bisa mempengaruhi pertumbuhanya loh!

Mungkin bukan hanya burung kenari, apapun jenis burung yang akan kalian budidaya, tentu luas kandang harus sesuai dengan karakteristik burung. Sebagai contoh sederhana, coba bayangkan jika kamu berada di kamar yang sempit setiap hari. Kira-kira potensi stress akan lebih tinggi atau rendah?

Ukuran Kandang Ternak kenari

Untuk memastikan kenyamanan burung kenari, ukuran kandang ternak kenari harus menyesuaikan dengan jumlah burung yang ada. Selain bisa membuatnya nyaman, ukuran yang cukup juga bisa memancing suara burung kenari lebih sering terdengar.

Jadi, logikanya semakin banyak burung, maka semakin luas juga kandang yang dibutuhkan. Juga perlu tahu  Perbedaan Kenari Jantan dan Betina. Nah, bagi kalian yang ingin membudidaya kenari, berikut ini ukuran kandang yang ideal agar kenari bisa berkembang dengan baik:

1. Untuk Satu Pasang Kenari

Umumnya, luas kandang kenari untuk satu pasangan burung sangat bervariatif. Biasanya ukuran kandang ternak kenari yaitu 35 cm untuk luas sisi depan, 40 cm untuk belakang, dan 50 cm untuk tinggi kandang.

Pada praktiknya, ukuran ini sudah bisa menampung satu pasang burung kenari yang akan dikembangkan. Namun ini tidak harus menjadi acuan pasti untuk ukuran maksimum.

2. Ukuran Kandang Kenari Ideal

Jika kalian memiliki lebih dari satu pasang burung, ukuran kandang kenari yang ideal adalah 2 meter x 1 meter x 1,5 meter. Dengan ukuran ini kamu bisa menampung kurang lebih 10 burung kenari dalam satu sangkar.

Jadi sudah pasti kenari bisa berkembangbiak dengan nyaman. Selain itu, dimensi yang ideal juga bisa mencegah burung mudah stress, sehingga kualitas anakan juga lebih bagus.

Harga Kandang Ternak Kenari

Setelah kalian tahu ukuran kandang ternak kenari yang ideal dan tidak bisa membuatnya sendiri, tidak perlu khawatir. Pasalnya, harga kandang kenari tidak terlalu mahal kok.

Biasanya, harga kandang menyesuaikan ukuran, dari yang paling murah yaitu 120 ribu sampai 1,2 juta untuk model kandang koloni yang menggunakan besi. Kira-kira mana nih yang cocok buat kebutuhan kalian?

Karakteristik Perkutut yang Tidak Boleh Dipelihara Menurut Kejawen

Penutup

Kesimpulan: jika luas sangkar bisa mempengaruhi perkembangan burung kenari. Semoga pembahasan tentang ukuran kandang ternak kenari yang ideal agar lebih nyaman, bisa menambah wawasan. Terima kasih.

 

Ukuran Kandang Ternak Kenari yang Ideal dan Nyaman

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *